apasih grading itu ?

"Grading"
haii....sahabat pattern making selamat datang di blog my grading ideal yang isi nya membahas tentang cara grading..😂😂😂.kalian sendiri udah tau belum apa itu grading kalau belum nih baca artikel di bawah ini yuk....di simak
Dalam dunia desain fashion dikenal yang namanya istilah grading pola pakaian. Lantas sebenarnya apakah arti dari grading itu sendiri?.
Kata grading berasal dari serapan bahasa Inggris “grade” yang artinya tingkatan. Grading dalam dunia desain fashion dapat diterjemahkan sebagai teknik mencontoh desain pola baju yang sudah ada, kemudian menyesuaikannya kembali sesuai tingkat ukuran tertentu. Grading pola hanya diterapkan pada pola standar.
Grading Pola Pakaian
Sumber : http://7pinedesign.com/
Teknik grading pola ini biasanya lebih sering digunakan oleh pabrik konveksi yang memproduksi pakaian secara masal dengan berbagai ukuran sekaligus. Karena satu pola dan satu model baju bisa untuk banyak size jadi cara ini akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan. 
Grading Pola Pakaian
Sumber : https://www.pinterest.com/
Tingkatan ukuran pola busana yang telah melalui tahap grading baik secara manual ataupun dengan komputer biasanya dinyatakan dalam ukuran S, M, L dan XL. Adapun jenis pakaian yang biasa dibuat dengan pola sistem grading ini diantaranya berupa rok, celana, blouse, blazer dan sebagainya.
Grading Pola Pakaian
Sumber : https://starkfashionbd.blogspot.co.id/
Keterampilan menggrading pola jarang dimiliki kecuali oleh mereka yang berkecimpung di bidang pattern making untuk industry. Untuk menggrading sebuah pola blazer misalnya  sahabat Fitinline mula-mula harus menjiplak pola blazer yang sudah ada, kemudian memperbesar atau memperkecil ukuran sesuai pesanan konsumen.
Grading Pola Pakaian
Sumber : http://www.vinabits.com.vn/
Selain dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan, di masa modern seperti sekarang ini teknik grading pada prinsipnya juga dapat dilakukan melalui software komputer yang memang dirancang khusus untuk grading. Sebagai contoh software Optitex, Accumax Gerber, Lectra Kaledo, Pad System, Style CAD dan Gemini CAD.
Masih ragu untuk mencoba teknik grading?. Dengan menerapkan teknik grading sebenarnya anda bisa mendapatkan banyak keuntungan lho dalam satu kali pengerjaan. Adapun manfaat dari grading yang dilakukan pada industri busana sendiri diantaranya:
  • Untuk mempersingkat waktu pembuatan pola.
  • Mendapatkan ukuran yang tepat berdasarkan pola baku yang sudah ada.
  • Grading pola memungkinkan anda membuat baju dengan desain sama dengan ukuran berbeda, minimal tiga ukuran.
Nah gimana sahabat pattern making udah paham kan apa itu grading nah sekarang buat teman-teman yang ingin membuat pola busana dalam waktu singkat cara grading ini recomend banget deh buat kalian -kalian anak fashion khususnya
emm.....itu aja sih dulu sekian dari saya ,semoga bermanfaat
 
PenulisFitinline


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

grading teknik mengecilkan lingkar pinggang

melebarkan lebar muka & melebarkan lebar punggung